BSM (Bank Sampah Mandiri)


Seiring dengan perjalanan waktu, dalam pengelolaan lingkungan, kondisi yang sangat memprihatinkan adalah masalah sampah yang dari hulu sampai hilir belum ada pengelolaan yang terpadu, sehingga menimbulkan permasalahan seperti lingkungan kotor dan bau, sumber penyakit dari sampah, dls.

BSM berdiri sebagai bentuk partisipasi masyarakat  untuk memberikan solusi aktif terhadap permasalahan sampah di Kabupaten Cilacap. Hal ini terkait semakin meningkatnya volume sampah dan Daya tampung TPA yang sudah tidak mampu menampung smpah di Kabupaten Cilacap.

Atas dasar tersebut di atas Warga Masyarakat Kelurahan Kebonmanis Khususnya di Wilayah RW X mendirikan BSM (Bank Sampah Mandiri)  untuk mengurangi peningkatan volume sampah dan peran serta masyarakat ikut berpartisipasi terkait kewajiban yang ada dalam UU 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah di mana masyarakat wajib untuk mengurangi volume sampah yang dihasilkan sehingga dengan kegiatan tersebut warga Kelurahan Kebonmanis mengurangi volume sampah yang dihasilkan dengan cara melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik dilevel rumah tangga. BSM sendiri hadir untuk menampung sampah anorganik tersebut, sedangkan untuk sampah organik akan dilakukan pengelolaan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Cilacap dengan menggunakan fasilitas yang ada pada Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

GambarGambarGambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: